Wednesday, December 17, 2014

Rekomendasi Blog FF ^o^

Halo!
Long time no see, long-long time no see~~ *nyanyi Doom Dada* *keabisan napas duluan*

Jadi, aku nggak jadi nge-review To Daddy, With Love. Eumm.. mungkin lain kali, ya. Sudah kok, aku sudah baca dan udah mulai nulis review-nya. Dan aku sudah menemukan terjemahan bahasa Indonesia-nya. Hehe. Jadi ditunggu aja, kay, hehet.

Karena dari berminggu-minggu yang lalu aku gatel banget mau nulis blog kumpulan FF favoritku tapi ga kesampean mulu, akhirnya, pada hari Rabu yang cerah ini, aku mau buat daftar rekomendasi blog FF favoritku, yeeyy!!!
                                       

    Ini blog tuh semacem surga deh, serius. Apalagi buat kalian yang suka baca FF dengan length drabble, ficlet, vignette, atau oneshoot, atau FF yang bukan chaptered. Ini juga blog FF yang menurutku paling lengkap buat genre semacam horror atau thriller. Tapi sebenernya semua genre ada sih di blog ini, dari mulai angst, fluff, sampe horror-thriller. Dan di blog ini penulisnya tuh pada juara banget dah, haha.
Penulis di sini juga ramah-ramah dan punya spesialisasi di genre masing-masing. Kayak semua penulis yang aku suka tuh ada di sini T_T
Oh iya! Di IFK juga 'surga' buat kalian fans para idol generasi ketiga kayak BTS, Winner, BAP, VIXX, GOT7 dll, dll. Mau ngebayangin idol kalian fluffy-fluffy sampe meleleh atau idol kalian bunuh-bunuhan hahaha.
Menurut aku IFK tuh juga punya konsep yang unik, kayak bioskop gitu (?) Jadi fanfic di sana disebut movie dan para penulisnya disebut scriptwriter. Terus tempat untuk liat movie itu namanya theater. Unik kan? Eh tapi yang paling unik itu tiap kalian buka web-nya pasti disambut sama audio 20th Century kayak film-film gitu hahaha. IFK juga punya event tahunan buat ngerayain anniv, semacam Fanfic Contest gitu. Dan hadiahnya cukup menggiurkan sih, haha.
Karena scriptwriter IFK cukup banyak, aku juga punya favorit sendiri. Ada bapkyr, Sasphire, theboleroo, hangukffindo, tsukiyamarisa, hanseora, dhiloo98, Mizuky, dll dll. Bahas satu-satu kali yak? Hehehet.

bapkyr atau biasa dipanggil Kak Nyun. Mulai terkenal di IFK karena riddle-riddlenya. Julukannya, Ratu Riddle hehet. Tapi selain riddle-riddlenya, aku juga suka banget sama genre yang biasa kak Nyun angkat. Semacam percampuran horror sama romance sama thriller sama campur-campur (?) Bikin merinding tapi bikin meleleh juga. Tapi kak Nyun oke juga kalo bikin comedy atau fluff. Tengok aja FF-nya yang Clarias.
Tapi FF favoritku tentulah Thea Told a Truth yang bikin merinding disko hahaha. Lalu FF Mark favoritku! Fernweh. Kalian juga harus baca ILOVEYOU Series-nya! Atau baca semua fic-nya deh ahahah.

Sasphire atau kak Sasa. Spesialisasinya FF horror-thriller juga hehet. Tapi FF surreal-nya juga oke punya lah. Terus kak Sasa ini jago bikin poster heu. Aku lebih sering ngeliatin posternya soalnya (?) Ini dua masterpiece-nya kak Sasa : Breakeven dan Est Absurdum. Serius bikin mangap saking keren idenya. Kalo suka FF horror silahkan buka series-nya kak Sasa yang Nightmare Maker. Kalo mau huhu-huhu soal Ladies' Code, silahkan buka Two of Us. Tapi kalo mau baca semua FF-nya, boleh banget. Dijamin, bagus semua hehet.

tsukiyamarisa atau kak Amer. Jagonya fluff. Coba baca FF-nya yang mana aja deh kalo nggak meleleh duluan :p Jujur aja aku nggak punya FF dari kak Amer yang bener-bener jadi favoritku. Tapi kayaknya ini yang paling membekas -> After 72. Cast-nya Kai. Atau kalian bisa cek EXO Vignette Series-nya. Atau Playlist Fic-nya. Atau semuanya *frustasi* Dan scriptwriter satu ini semacam punya Alternate Universe buat BTS di IFK, kayak grup rap Namjoon-Yoongi-Hoseok, Jimin yang punya kembaran namanya Minha, atau couple paling imut Jungkook-Nessie. Hahaha, boleh deh dicek satu-satu xD

hanseora atau kak Sari. Author yang menurutku punya plot extra-ordinary dan plot-twist yang juara. Gaya nulisnya rapi, diksinya juga bagus. Sama, aku juga nggak punya judul yang spesifik dari FF kak Sari yang paling aku suka, tapi kayaknya ini deh Sewindu #MarkTulusGarisKeras Tapi kalian harus baca FF yang lain juga ya *wink-wonk*

dhiloo98 alias kak Dila. Salah satu scriptwriter yang punya diksi paling bagus. Diksinya bikin hanyut ke cerita deh. Aku nggak punya judul yang bener-bener spesifik buat author satu ini, tapi kayaknya Dawn Seeds dan Intimidate boleh dicoba. Dan jangan lupa buat cek library-nya juga :)

Mungkin segini dulu?? Sebenernya masih banyak banget author lain yang nggak kalah bagus, jadi daripada bingung langsung aja cus ke Web IFK-nya hahaha xP

2. Salad Bowl de Trois (saladbowldetrois.com)
Kalau ini nggak usah ditanya?? Ya memang kayaknya saladbowl itu tempatnya Fiction Online paling top. Bukan cuma fanfic, original fic dari blog ini juga nggak kalah keren. Salad Bowl juga tempat buat kalian kalo mau liat-liat resensi novel/buku yang bagus-bagus. Bahkan sampe sekarang udah dua buku yang aku beli setelah baca resensi di Salad Bowl. Dan emang bagus sih hahaha.
Author-author di sini di antaranya kak Dista Dee, theboleroo (iya kak Nisa juga author di saladbowl), fikeey, takyuyaki, aminocte, azureveur, shirae mizuka, dll dll.
Jadi di bawah ini adalah beberapa FF yang aku rekomendasikan dari blog ini:

p.s : kalau kalian sering dengen Forsaken, Enchanted, Summer Love, The Sober Twist, Laboutin Catalyst dll, itu bakalan aku rekomendasiin secara otomatis. Dan karena udah banyak yang rekomen, aku nggak bahas itu sekarang, ya. Kita bahas FF Kris aja /?

Guangzhou, The Unexpected You by ukwonism

Untitled-guangzhou

So.. aku harus bilang apa ya.. Intinya, FF ini adalah FF yang buat aku jatuh cinta sama FF Kris. Dan aku suka ending-nya, terkesan natural dan nggak maksa. Karakter Yifan di sini tuh, ugh, satu kata: greget. Kadang nyebelin, kadang baik. FF ini berlatar di China dan bercerita tentang Zhang Yizhi, cewek yang pergi kerja ke Guangzhou. Terus si Yizhi ini dapet telepon dari seseorang misterius (?) yang bisa dibilang ngejar-ngejar dia, lah. Dia ngedesak Yizhi buat ketemuan di Guangzhou. Yizhi nggak tau orangnya siapa tapi terpaksa nerima walau sedikit ragu. Tau kan orangnya siapa?
 Terus gimana nasibnya Yizhi? Sebenernya apa yang diinginkan sama orang itu, sampe segitu attached sama Yizhi? Yah mangga atuh dibaca.

Kris x Jill by theboleroo

Ya kalau couple yang satu ini mah, siapa sih yang nggak tau? Hahay. Gimana pun, aku harus rekomendasiin ini. Kris x Jill itu kayak... haduh saking uniknya ini couple nggak ngerti harus ngejelasin kayak apa. Hubungan mereka tuh quiet complicated sih sebenernya, tapi tetep sweet. ya taulah karakter Kris macem apa Kris x Jill itu kayak hubungan orang-sinting-jatuh-cinta-sama-orang-sinting-dan-aku-mencintainya-sampai-sinting *apaan* *abaikan*
Tapi tetep, kalo udah ada FF Kris x Jill update aku bakalan jejingkrakan karena seneng.
Aku sebenernya juga bingung sih gimana awal ceritanya couple ini, tapi inilah serialnya :
The Story Before (including Cass's as its sequel)
Summer Day, Mid July
Summer Day, End of July (by opathebat)
Finally, 'Vacancy' 
Burning  (oke, kalo yang ini kalian bener-bener harus baca.)
Dan lain-lain.

Kisah Kris x Jill ini nggak berkelanjutan kok, jadi bisa dibaca satu persatu.
By the way aku juga mau rekomendasiin FF-nya kak Nisa! Silahkan cek library-nya di sini :)

Fikeey's Golden Trio (?)
Her 'Golden Trio' really drives me crazy. Kayaknya memang spesialis action sih.
Golden Trio itu Kris, Lay, Luhan. Bayangin mereka bertiga jadi semacam police detective di NCIS gitu. Bayangin! T_T

Legendary Sweeptakes
Guys, aku bener-bener pengen rekomen ini. Sayang banget tapi mungkin FF-nya udah diapus atau gimana karena udah aku cari-cari tapi nggak ketemu. Huft. Ya sudahlah.

Lauren's Diary; Dayoungie Story; dan Hello Leo
The cutest fanfic ever! Hahaha, ini bukan fic romance, angst, atau lainnya. Dan cast-nya pun bukan Idol Kpop. Cast-nya adalah... dedek-dedek ulzzang yang unyu-unyu! Menceritakan tentang kepolosan tiga anak kecil yang bersahabat, Lauren, Dayoung, Leo dan hari-hari mereka yang ceria. Dijamin senyum deh kalo baca ini. Walaupun ini serial yang berbeda, tapi setiap serial punya keterkaitan. Tapi ceritanya enggak bersambung. Dan cameonya juga lucu-lucu : Hunbo, Lulu, Krystal, Papi Dino, dll. dll.
Pokoknya harus bacaaaa >.<

Anyway, kalau yang di atas kurang (bener-bener kurang sih) kalian bisa langsung ke library-nya saladbowl :) Nggak cuma FF tapi original fiction-nya juga. Kalau untuk cerpen gitu, aku rekomendasikan fiksi-fiksinya aminocte atau azureveur. Dan kalo kalian suka FF Kai, langsung aja cek FF-nya kak Hilda atau chocokailate!

3. Kak Dira/Hangukffindo (Hangukffindo.wordpress.com)
Pasti pernah denger dong, author yang satu ini. Kalau untuk Kak Dira, pasti deh langsung aku rekomendasiin semua fanficnya. Semuanya. Dari mulai EXO, BTS, sampai Winner. Dari BaekYeon sampai KrisSica.
Semuanya bisa kalian lihat di masterlist-nya.
Hangukffindo ini juga hebat (?) sih menurutku, penulisnya cuma satu, tapi fic-nya lengkap banget dari comedy sampe angst. Bromance juga ada. Kurang lengkap apa bruh (thrillernya)
Rekomendasi aku pastinya ABOB (A Bunch of Baby) Series, The Way to Remember, Babysitting Series, Lay x Apple series, I Do sama Dumb Ways to Die
Dan jangan lupa buat cek FF BaekYeon-nya! ;)

4. (stuck) (stuck)

Gosh, aku baru nulis tiga aja udah stuck. Mau lanjut kok ya kayaknya bakalan keisi sama EXO. Deuh.

4. ddanghobak
Semuanya. Semuanya harus kalian baca. Walaupun kayaknya udah lama ga aktif, tapi fanfic-fanficnya masih oke banget buat dibaca. Jujur aja waktu pertama kali main ke blog ini tuh rasanya kayak 'wow? keren ya?'
Cara nulis author-nya itu bagus, rapi, diksinya juga bagus. Agak kebarat-baratan sih menurutku? Dan sarat makna sih sebenernya. Dan ucapkan selamat karena gara-gara blog ini aku jadi suka sama Trouble Maker, hahaha.
Buat FF Trouble Maker-nya bisa cek di sini, btw. Tapi hati-hati karena itu rated R dan menururtku masuk PG karena banyak adegan swearing, drunk, dsb. Ya pokoknya hati-hati.
Kalian bisa cek masterlist untuk lebih lengkapnya.

Segini aja? Ahahahah. Sebenernya ada sih yang lain, tapi pasti udah pada tau kayak FFIndo atau blog FF Freelance yang lain. Ada juga sih blog personal author-nya, tapi itu EXO semua hehet. Karena ini bukan post khusus EXO, jadi aku kesampingkan dulu ya. Nanti kalau  ada waktu aku bikin rekomendasi blog FF yang khusus EXO. Kalo itu banyak

Oh ya, tinggalkan komentar ya, dan kalau kalian ingin rekomendasi khusus yang lain. Kalo garis besar gini suka bingung, hehet.

Kabar gembira deh, mudah-mudahan, kalau nanti aku balik lagi, aku bawa rekomendasi FF KaiSoo gyahahaha. Who's excited? xD

So.. see you next time, Lovelies! <3






5 comments:

  1. weh thanks ya udah share :D lumayan lah buat ngisi liburan ku hehehe kunjung balik ke blog ku yah http://remajaindonesia-arini.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :) Iya sama-sama. Sip nanti aku cek ^^

      Delete
  2. Halooo
    wah namaku mejeng di sana hihihi, makasih banyaaaaa Gwiyeowun!

    ReplyDelete
  3. eh FF apaan sih kak?
    maklum kudet ^_^ ....

    ReplyDelete