Friday, February 27, 2015

Tips Belajar English Lewat KPOP (Ala-ala ver.)

Hahay. Judul macam apa itu. 

By the way, halo semuaa~ Halo para reader(s) yang nggak sengaja nyasar ke blog ini(?)
Setelah berpikir-pikir, akhirnya aku memutuskan untuk bikin satu post yang rada bermanfaat di blog ini. Nggak cuma curhatanku tentang oppa-unni doang. Yah, sekali-kali lah bikin yang ada manfaatnya. Dan akhirnya aku ambil tema ini ehehe. Agak ragu sih awalnya, soalnya English-ku juga nggak sebagus itu??? Cuma, aku jadi nulis karena pengen share aja, karena KPOP beneran ngaruh banyak ke kemampuan bahasa Inggrisku - dan ngebantu banyak sih. KPOP bikin aku jadi makin semangat belajar, semacam belajar English sekalian spazzing. Asik kan? Hahay.

Menurutku juga, ini cara termudah buat dilakuin sama fangirl kayak aku. Sekalian, kita bisa dapet 'satu' nilai positif dari fangirling-an, nggak cuma sensasi layar kaca oppa-unni. Hehe. Jadi deh, aku nulis ini. Di bawah ini ada beberapa hal-hal yang sering aku lakukan, dan nggak ada salahnya untuk kalian buat nyoba (: 

Enjoy!
1. English Subtitle
Heyo para pecinta drama dan variety! 
Pasti udah nggak asing lagi dong sama yang namanya English Subtitle atau biasa disingkat Eng Sub. Udah jelas jadi andalan buat kita-kita, para Inter-fans, yang cuma ngerti 'Annyeong', 'Gomawo', dsb. 
Yah itu mah aku. Hehe.
Mungkin sekarang udah banyak KPOP fans yang ngerti Korean, tapi aku yakin juga masih ada populasi yang senasib sama aku. Yang familiar sama bahasa Korea tapi tetep, kalo didenger-dengerin lagi cuma dapet 'cing-ceng-cong' doang. Nah.

Dan kemudian para subber muncul bagaikan sumber air di scorch #yha. 

Ya gitu deh #apanya
Jadi, saranku, kalau mau nonton video oppa-unni, jangan males-males pakai  eng sub ya. Meskipun ada Indo sub-nya, tetep pilih eng sub. Soalnya kalo nggak gitu, kapan belajarnya? (: Aku juga selalu pakai cara ini. Apapun, di manapun. Drama, variety, talk show, semuanya. Oh iya, kalo bisa, sambil nonton, jangan lupa sediakan kamus di samping kamu. Biar gampang, kan sekarang udah ada kamus offline tuh, nah, silahkan deh download di hp masing-masing (: Supaya, kalo ada vocab baru yang nggak dimengerti, bisa langsung dicari.

Nah, untuk web yang biasa aku kunjungi buat download, kalo drama bisa ke dramafire.com, sub-nya cukup bagus, dan koleksi drama-nya juga lumayan lengkap. Kualitasnya lumayan bagus, kok, padahal kalo kita download cuma sekitar 150MB. Mantep deh, hahay.
Kalau untuk variety, di mana lagi kalau bukan: KSHOWNOW!! Ahay. Di situ lumayan lengkap dari running man sampai WGM. 
Atau kalian langsung cari aja di youtube atau googling dengan keyword judul variety dan episode yang kalian mau, jangan lupa pake eng sub-nya (: 

Simpel, kan?

2. Broadcast
Halo para pecinta Korean-broadcast! 
Jadi, di sesi(?) kedua dari rangkaian tips ala-ala ini, aku bakal kasih tau beberapa siaran kokoreaan(?) yang selain menghibur juga bisa nambah kemampuan English kita, terutama Listening.
Contohnya, siaran di Arirang atau KBS World.
Memang sih, kalau di TV, biasanya bakalan telat beberapa episode, tapi It's Okay It's Engsub sih kalo kata aku(?) Dan nggak usah download tentunya! Hahay.

Kalau Arirang, kita punya Simply KPOP, siaran program musik milik Arirang. Biasanya di-Eng Sub. Jadwalnya tiap Jum'at jam 15.00 WIB. Aku sih jarang nonton ini, tbh.
spesial pake chen #duagh




Terus ada After School Club, jadwalnya Selasa jam 15.00 WIB, Rabu jam 19.00 WIB. Baru tau program ini beberapa waktu lalu, pas itu MC-nya ada Jimin 15& (yang langsung kagum sama kemampuan English dia, bagus banget!), cuma nggak tau lagi deh. MC-nya pake English, bagus kalau mau latihan Listening. Menurutku, English-nya juga bagus sih, maksudnya nggak kental logat Korea gitu kan. Kalo dari web-nya sih, acara ini tuh semacam "Live Music Request show". Aku juga jarang nonton ini, baru sekali malah, tapi kayaknya bagus (:
Lalu ada Pops In Seoul, setiap MON to FRI 18:30 KST. Awalnya nonton ini iseng-iseng aja, MC-nya ada Tasha SKARF jadi suka >.< Semacam E-News gitu, MC-nya juga pake English,  dan kalo narasumbernya pake bahasa Korea bakal di eng-sub.
arirang tv

Selain Arirang, ada juga KBS World. Ini semacam campuran dari KBS1 sama KBS2. Program favoritku pastinya Music Bank sama Superman's Return! >.<
tiga dedek kesayangan owe><

Khusus KBSWorld, Music Bank-nya di eng sub (?) Sampe lagunya di eng-sub juga hahay. Ntep. Kalo ada drama atau program-program gitu juga pasti dikasih Eng Sub. Emang agak telat beberapa episode sih, Music Bank-nya juga nggak Live, tapi kalo aku mah santai aja hahay. Jadwalnya untuk Superman's Return tiap Minggu jam 14.40 WIB, kalo Music Bank-nya Jum'at jam 16.30 kalo nggak salah, tapi aku biasa nonton siaran ulangnya hari Minggu jam 13.00 WIB.

Selain itu, asiknya nonton di TV adalah, kadang ada program-program buat promosi Korea gitu kan, jadi kita bisa makin tau budaya sana, terus biasanya MC-nya bule gitu jadi make English. Yey, lengkap kan?

Nggak lupa, ada Channel M. Tapi, berhubung aku udah jarang nonton Channel M lagi, jadi nggak tahu perkembangan programnya. Tapi, ada satu program yang sampe sekarang udah jalan 3 Season, dan jadi salah satu program favoritku: K-STYLE!!


Dulu sempet disiarin di Mnet, Mnet America tepatnya. Terus pas season 2 pernah disiarin di Star World juga, dan sekarang udah season 3, yang kalo aku sih nontonnya di youtube.
Untuk season 1, MC-nya Sarah (@urbanwit), semacam pakar fashion gitu(?) dan Irene Kim (@ireneisgood), seorang model, dari agensi ESteem. Season 2, udah mulai banyak bintang tamu, terus MC-nya nambah Brian Jo, yang SONE pasti tau deh, yang dulu suka sama Yoona di Strong Heart xD sama kadang ada Tasha SKARF juga. Untuk season tiganya... sayang sekali aku belum sempet nonton :(

Konten yang ditampilin bagus banget deh, apalagi buat pecinta KPOP. Kalo di season 1 sama 2, ada tiga segmen. Beauty Bank (Sarah), Fashion Fix (Irene), dan Life Style (Brian Jo). Beauty Bank, menampilkan 'rahasia' kecantikan Korea, biasanya tutorial make-up ala Kpop Idol gitu. Fashion Fix, menampilkan fashion style ala Korea, biasanya jalan-jalan ke toko-toko di Seoul yang biasanya dikunjungi Kpop Idol. Asik kan?
Ada lagi Life Style, menampilkan gaya hidup Kpop Idol. Kadang bongkar-bongkar rahasia Idol, atau tips diet ala Korea.Wuih, lengkap kan?

Terus, belajar bahasa Inggrisnya dari mana? Taraa, semua MC-nya pake bahasa Inggris loh! Walaupun orang Korea, tapi bahasa Inggrisnya bagus banget. Serius, american banget. Jadinya gampang buat dipahami, dan, bagus buat improve Listening kamu. Sip. Belajar English-nya dapet, konten asik juga dapet xD

So, tunggu apalagi buat nonton K-Style? Semua episodenya, dari season 1-3, semuanya lengkap bisa kalian tonton dari channel youtube-nya, https://www.youtube.com/user/kstyletvonline ^-^

3.  Kpop News
Buat kita para fans, apa sih yang lebih penting dari berita terbaru idola kita?
Nah, dalam rangka belajar English nih, coba deh, mulai sekarang update Kpop dari situs-situs internasional kayak Allkpop atau Soompi. Sedikit banyak, kita bisa belajar vocab, ataupun susunan kalimat dari berita-berita yang ada. Allkpop situs yang asyik kok, kadang suka ada fans-poll atau quiz gitu, pake bahasa Inggris pula. Dan, mulai sekarang, coba deh follow atau like fanbase internasional. Sekalian, fan-acc atau fansite inter. Kalau di-stalk kita bisa dapet beberapa kalimat buat percakapan sederhana. Lumayan, update berita sekaligus belajar bahasa Inggris. Okeh okeh? *wink*

4. Fanfiction
Ini nih yang paling ngefek ke kemampuan Englishku.. yap, fanfic! Siapa suka fanfic angkat kaki .-.
Selain dari situs-situs fanfic Indonesia yang buanyak, kalian bisa mulai mencoba untuk baca fanfic yang pakai bahasa Inggris. Di mana? Paling umum sih di Asianfanfics, ya. Atau livejournal, wattpad, dan fanfiction.net. Ada banyak banget loh, guys! Dan fanfic-fanfic luar tuh juga bagus-bagus banget, apalagi yaoi-nya #plak
Sedikit bagi cerita nih ya, dulu awalnya aku baca FF english tuh iseng-iseng doang. Pengen nyoba. Tapi baru dua paragraf langsung nyerah NGAHAHA. Tapi dilatih terus, dan ff English pertama yang aku selesein baca itu Countdown. Yaoi, bo'. Gregetnya tuh disini. (Tapi abis baca langsung misuh-misuh soalnya keren banget pengen nangis)
Hahaha, udah deh curhatnya.
Nih ya, tips dari aku, kalau kalian pengen nyoba, cari fanfic yang sekiranya chapter-nya dikit dulu. Atau One-Shoot juga boleh. Contohnya One-Shoot KaiStal/yaoi, sama Girlfriend Hire di AFF. Kedua, baca fanfic dari terjemahan, lalu dilanjut versi originalnya. Contoh? Kamu baca Heartlines, udah ada terjemahannya, kan? Tapi belum selesai. Nah, itu yang kamu manfaatkan, sisa chapternya kamu baca di versi originalnya. 24 Chapter, paling-paling hanya 6 atau 7 chapter yang kamu baca dalam bahasa Inggris. Nggak apa-apa, kita mulai pelan-pelan. Dulu aku juga gini pas pertama mulai. Contoh fanfic yang aku baca dengan cara ini yaitu Heartlines, Never Let Me Go, sama To Daddy, With Love. Hehe, nggak bakal nyesel deh!
Karena ini situs internasional, yang pasti bakalan buanyak banget pilihan fanficnya. Bingung? Pasti. Nah, untuk itu, kalian bisa cari di list rekomendasi ff di blog-blog yang menyediakan. Atau di blog inipun bisa xD
Dari baca ff kita bisa dapet pelajaran reading, grammar, dan karena biasanya cerita ini ditulis dalam past-tense, kita bisa nambah vocab Verb2 kita. Sip.


TARAA.. *drumroll* udah selesai nih rangkaian tips-nya. Nggak mutu emang. Namanya juga ala(y)-ala(y) version yha.
Semoga bisa diterapkan dan bermanfaat buat temen-temen semua, ya. Yuk, sama-sama belajar English lewat KPOP! xD

Salam hangat selalu!
Crazy Fangirl.

1 comment:

  1. Halo.. Mm aku dina. Mau....minta tlg kira2 bs ngga? Translate ff aku ke bhs inggris hehe kl bs, nanti di aff aku tulis creditnya kok (?)

    ReplyDelete